Sejarah Sekolah

SEJARAH SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

 

SMA Muhammadiyah 3 Surabaya didirikan pada tahun 1978 oleh warga dan tokoh-tokoh Muhammadiyah di Surabaya, sebagai upaya untuk memberikan layanan pendidikan bagi warga di wilayah kota Surabaya bagian Selatan.  Piagam pendirian sekolah ditandatangani oleh Pimpinan Pusat  Muhammadiyah Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan pada tanggal 6 November 1978 dengan nomor SK: 1421/II-3/JTM-78/1978. Sejak tahun  1990 SMA Muhammadiyah 3 Surabaya telah  meraih status  DISAMAKAN  atau TERAKREDITASI A  hingga sekarang.

Dengan  semakin besarnya minat masyarakat menyekolahkan putra-putrinya di  SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, maka semakin memberi  dorongan kepada seluruh pengelola sekolah untuk selalu meningkatkan mutu dan layanan pendidikan pada peserta didik, yaitu dengan menyediakan gedung sekolah yang megah berlantai lima, dengan 18 ruang kelas belajar (RKB) ber AC dan di lengkapi dengan sarana-prasarana Masjid yang luas, Ruang Meeting, Perpustakaan, Laboratorium Sain, Laboratorium Bahasa, Laboratorium IT, Kantin dan Area Hotspot yang representativ, serta mampu menampung sekitar 620 orang siswa dan 45 orang guru-karyawan.

Saat ini SMA Muhammadiyah 3 Surabaya tengah menjelajahi wajah baru dunia pendidikan modern, pendidikan yang dapat memberikan harapan bagi generasi muda untuk meraih masa depannya yang gemilang. Dengan mengedepankan penanaman nilai-nilai Islami, pencerahan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat mengantarkan segenap warga sekolah menjadi pribadi muslim yang kokoh, ikhlas, sabar dan arif dalam menghadapi segala permasalahan hidup.